Hasil Survei Elektabilitas Terbaru Pilkada NTB 2024, Terjawab Sosok Bakal Cagub Terkuat

 

Hasil survei terbaru terhadap gubernur dan wakil gubernur di Pilkada NTB 2024.


Terdapat lima lembaga survei yang melakukan jajak pendapat terkait elektabilitas kandidat yang akan bertarung di Pilkada NTB 2024.


Kendati demikian, sebagian besar hasil survei menyatakan pasangan Zulkieflimansyah dan Suhaili Fadhil Thohir (Zul-Suhaili) tampak mendominasi dukungan di antara para calon lainnya yang akan maju di Pilkada NTB 2024.


Zulkieflimansyah pun menanggapi hasil lima lembaga survei yang menyatakan dirinya unggul dari pasangan calon lain di Pilkada NTB 2024.


Bang Zul sapaan akrab mantan gubernur NTB itu menyampaikan, apresiasi terhadap sejumlah lembaga survei yang sudah merilis, menyatakan dirinya memiliki dominasi tinggi.


"Jadi dengan metodelogi ilmiah dan pendekatan ilmu pengetahuan sekarang, survei itu akurasinya dan presisinya bisa dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu hasil survei itu tetntu sangat kita apresiasi," kata Bang Zul dikonfirmasi melalui sambungan telpon, Rabu (5/7/2024).


Kendati mendominasi hasil survei, Bang Zul tidak cepat berpuas diri.


Hal itu bentuk kewaspadaannya terhadap lembaga survei yang berpotensi terafiliasi paslon tertentu.


"Tapi juga kita tidak boleh terlena, karena sekarang itu banyak lembaga survei berfungsi sebagai konsultan paslon," ungkap Bang Zul.


Untuk menjaga objektivitas dari penilaian masyarakat NTB terhadap dirinya, Bang Zul telah membentuk tim survei internal.


"Kita harus mempunyai lembaga survei sendiri yang lebih objektiv. Sehingga kita tidak terninabobokan oleh survei lembaga lain," ungkap Bang Zul.


"Kita juga perlu berhati-hati terhadap lembaga survei yang terafiliasi salah satu kontestan," tegas Bang Zul.



Sebelumnya, sejumlah lembaga survei terkemuka, termasuk LSI, PRC, Kedai Kopi, Poltracking, dan OMI, telah merilis hasil survei terbaru mereka terkait pemilihan gubernur NTB 2024.


Hasil Survei LSI

Survei yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada 11-17 Mei 2024 dengan simulasi empat nama calon menunjukkan Zulkieflimansyah berada di posisi teratas dengan 35,5 persen dukungan.


Diikuti oleh Suhaili Fadhil Thohir dengan 14,1 persen, Sitti Rohmi Djalillah dengan 10,9 persen, dan Lalu Pathul Bahri dengan 4,4 persen.



Sebanyak 35,1 persen responden masih belum menentukan pilihan.


Hasil Survei PRC

Public Research Center (PRC) melakukan survei pada 9-18 Juni 2024 dengan simulasi sepuluh nama calon.


Zulkieflimansyah tetap memimpin dengan 25,4 persen, diikuti oleh Sitti Rohmi Djalillah dengan 17,3 persen, Suhaili Fadhil Thohir dengan 10,5 persen, dan M. Sukiman Azmi dengan 6,6 persen.



Hasil Survei Kedai Kopi

Survei Kedai Kopi yang berlangsung pada 20-29 Mei 2024 dengan simulasi 4 calon menunjukkan hasil serupa.


Zulkieflimansyah unggul dengan 27,7 persen dukungan, diikuti oleh Sitti Rohmi Djalillah dengan 19,9 persen, Suhaili Fadhil Thohir dengan 17,9 persen, dan Lalu Muhammad Iqbal dengan 10,9 persen.


Sebanyak 23,6 persen responden belum menentukan pilihan.



Hasil Survei Poltracking

Poltracking melakukan survei pada 31 Mei - 7 Juni 2024 dengan membagi wilayah survei menjadi dua bagian yakni Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok.


Di Pulau Sumbawa, Zulkieflimansyah mendapatkan dukungan sebesar 66,3 persen, jauh mengungguli Sitti Rohmi Djalillah (17,1 persen), Lalu Muhammad Iqbal (11,1 persen), dan Lalu Gita (1,5 persen).


Hanya 4 persen responden yang belum menentukan pilihan.


Di Pulau Lombok, Sitti Rohmi Djalillah memimpin dengan 33 persen dukungan, diikuti oleh Zulkieflimansyah dengan 29,5 persen, Lalu Muhammad Iqbal dengan 17 persen, dan Lalu Gita Ariadi dengan 2,1 persen.


Sebanyak 18,4 persen responden belum menentukan pilihan.


Hasil Survei OMI

Survei yang dilakukan oleh OMI pada 12-21 Maret 2024 dengan simulasi empat pasangan calon menunjukkan pasangan Zul-Suhaili berada di puncak dengan 50,5 persen dukungan.


Pasangan Iqbal-Dinda memperoleh 11,6 persen, Rohmi-Musyafirin mendapatkan 10,4 persen, dan Pathul-Syafruddin sebesar 5 persen.


Sebanyak 22,5 persen responden belum menentukan pilihan.


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © infontbnow. Designed by OddThemes