Jaminan Integritas PTPS di Lombok Timur Menjalankan Tugas


Perekrutan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) tahun ini di Lombok Timur dilakukan melalui tahapan yang panjang dan persyaratan ketat, sebagai salah satu langkah untuk menjamin integritas setiap PTPS dalam melaksanakan tugas sesuai dengan harapan. 

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Diklat Bawaslu Lombok Timur, Kasmayadi, kepada RRI pada Selasa (17/9/2024).

Kasmayadi menjelaskan bahwa terdapat 14 tahapan yang harus dilalui dalam proses perekrutan PTPS kali ini. Tahapan itu diantarnya pendaftaran dibuka dari 12 hingga 28 September 2024, dilanjutkan dengan tahapan tanggapan masyarakat selama 17 hari untuk memastikan tidak terdapat konflik kepentingan atau calon PTPS yang memiliki rekam jejak buruk serta berstatus anggota parpol tertentu.

“Proses perekrutan kali ini lebih lama dibandingkan dengan sebelumnya, dan jadwalnya pun berbeda,"ujar Kasmayadi.

Diungkapkan Kasmayadi  Bawaslu  Lombok Timur menargetkan merekrut sebanyak 1.912 PTPS.  Sebelum diangkat menjadi PTPS, para calon pengawas ini akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka dalam menjalankan pengawasan selama proses pemungutan suara. 

“Tugas PTPS sangat ditekankan pada pengawasan dan pencegahan, terutama dalam mengawasi jalannya proses pungut hitung oleh KPPS serta mencegah terjadinya penyelewengan,"tambahnya.

Lebih lanjut, Kasmayadi menegaskan bahwa komitmen Bawaslu tidak hanya sampai pada perekrutan saja, tetapi juga menegakkan hukum dengan tegas terhadap PTPS yang melanggar aturan. 

"Apabila nantinya ada PTPS yang terbukti melakukan pelanggaran, seperti money politics, maka mereka akan dibawa ke ranah hukum. Ini sebagai bentuk komitmen Bawaslu dalam menjaga integritas hingga tingkat PTPS, yang tidak kebal terhadap hukum,"tegasnya.

Dengan tahapan yang ketat ini, Bawaslu berharap PTPS yang terpilih mampu menjalankan tugas pengawasan dengan penuh tanggung jawab dan menjaga integritas. Hak itu tentunya demi suksesnya penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © infontbnow. Designed by OddThemes