Menteri Pariwisata Optimis MotoGP Mandalika Sukses, Dorong Harga Akomodasi Turun


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyatakan optimisme yang tinggi terhadap penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2023. Setelah melakukan peninjauan langsung ke sirkuit bersama pihak penyelenggara, Sandiaga menilai kondisi trek sudah sangat ideal untuk perhelatan akbar balap motor dunia ini.

"Kami sudah bertemu dengan beberapa pembalap dan juga pemilik Dorna, mereka menyatakan kepuasannya terhadap kondisi trek," ujar Sandiaga, saat di temui wartawan di Media Center Indonesia, Jumat (27/9/2024).

Namun, di balik antusiasme yang tinggi, Sandiaga juga menyoroti masalah tingginya harga akomodasi yang dikeluhkan oleh masyarakat. Banyak yang memilih untuk menonton MotoGP di negara lain karena harga penginapan di sekitar Mandalika dinilai terlalu mahal.

"Akomodasi di sini terlalu dikelola dengan akhirnya harganya sangat tinggi," tegas Sandiaga. 

Ia pun telah memberikan arahan kepada Dinas Pariwisata NTB untuk mencari solusi agar harga akomodasi bisa lebih terjangkau.

"Karena kalau tidak kesini mereka akan memilih event lain di karenakan keterbatasan dari fasilitas akomodasi ini," tambah Sandiaga.

Sandiaga juga menyoroti kebijakan yang mewajibkan pengunjung menginap minimal 6 hari. Ia berharap ke depannya akan ada fleksibilitas, sehingga pengunjung bisa memilih menginap 3 atau 4 hari saja.

Kebijakan sudah disampaikan, tapi memang karena permintaan yang sangat tinggi ini akhirnya dengan melihat minat dan animo masyarakat sangat membeludak mendorong harga ini naik sampai 4 kali lipat. 

"Jadi kedepan harus di persiapkan dengan lebih baik dengan tambahan akomodasi dan juga dengan harapan kita memberikan regulasi yang tidak mengikat mereka harus tinggal 6 hari jadi bisa 3 hari atau 4 hari," jelasnya.

Selain masalah akomodasi, Sandiaga juga menyampaikan kabar baik terkait penjualan tiket MotoGP Mandalika. Saat ini, penjualan tiket sudah mencapai 80% dan diharapkan bisa melampaui rekor tahun lalu yang mencapai 102.000 tiket.

Dengan persiapan yang matang dan dukungan dari berbagai pihak, Sandiaga optimis MotoGP Mandalika 2023 akan menjadi event yang sukses dan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © infontbnow. Designed by OddThemes