SMSI NTB Gelar Pelatihan Jurnalistik Menuju Pilkada Damai


Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi NTB menggelar Seminar dan Pelatihan Jurnalistik, Sabtu, (21/9). Kegiatan dengan tema "Netralitas Pers Menuju Pilkada Damai" ini diikuti oleh puluhan peserta perwakilan SMSI kabupaten/kota di NTB. 

Hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Kominfotik NTB Dr. Najamuddin Amy, sekaligus membuka kegiatan. Ada juga Ketua PWI NTB Nasrudin, dan Ketua SMSI NTB, H. Abdus Syukur, SH. 

Dalam sambutannya, H.M. Syukur menyampaikan pentingnya peran media di era teknologi digital ini. Menurutnya, media merupakan garda terdepan dalam membentuk opini publik dan menyampaikan informasi yang berintegritas. 

"Sebagai bagian dari masyarakat pers yang bertanggung jawab, kita dihadapkan pada tantangan yang terus berkembang, baik dari segi teknologi, etika jurnalistik, maupun perubahan dinamika sosial di masyarakat," ungkap H.M. Syukur yang juga Penguji Dewan Pers itu. 

Sehingga pelatihan jurnalistik ini, lanjutnya, sangat penting untuk memastikan jurnalis sebagai praktisi media tetap berada di jalur yang benar, melaksanakan tugasnya berlandaskan prinsip-prinsip jurnalistik yang profesional, independen, dan berintegritas, termasuk di musim Pilkada ini. 

"Kami berharap melalui pelatihan ini, para peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan teknis seputar dunia jurnalistik. Tetapi juga pemahaman mendalam tentang tanggung jawab sosial dan etika profesi jurnalis," pungkasnya. 

Sementara Dr. Najamuddin, dalam pemaparannya menekankan, netralitas pers merupakan pilar penting dalam demokrasi. “Pers harus menjadi pengawal demokrasi yang objektif, memberikan ruang yang adil bagi semua pihak, dan menghindari keberpihakan yang dapat merusak proses Pilkada,” paparnya. 

Pada kesempatannya, Ketua PWI NTB, Nasrudin, memaparkan tentang independensi pers dalam pilkada serentak. Ia juga mengupas peran pers dalam proses demokrasi. 

"Pers memainkan peran kunci dalam menjaga demokrasi yang sehat selama Pilkada serentak. Independensi pers sangat penting untuk menyediakan informasi yang obyektif dan berimbang bagi pemilih," paparnya.


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © infontbnow. Designed by OddThemes